http://www.segigarut.blogspot.com

Selasa, 06 April 2010

Profile ATTAMAM Foundation

Profile

A T – T A M A M
F o u n d a t i o n

Islamic Propagation Center

OBJEK WISATA CIPANAS GARUT 44151 WEST JAVA INDONESIA +62262. 238917
E-mail: attamam@yahoo.com

A. PENDAHULUAN
Tidak bisa dipungkiri dan harus kita akui bahwa sebagai bangsa, kita masih ketinggalan dalam sector pendidikan dari negara-negara lain di Asia apatah lagi dengan Negara-negara belahan benua lainnya.
Menurut majalah Visi yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda nomor 11/th 2001, Dr.Fasli Jalal menjelaskan bahwa sekitar 70% penduduk Indonesia hanya berpendidikan Sekolah Dasar, atau kurang 20% berpendidikan SLTP dan SLTA, serta baru 10% yang berpendidikan tinggi.
Bidang Ketenagakerjaan diketahui bahwa 80% tenagakerja kita berpendidikan SD dan SLTP, 9% berpendidikan SLTA, hanya 2% berpendidikan tinggi. Kondisi sumberdaya manusia (SDM) seperti ini umumnya apabila tidak segera diatasi Indonesia mustahil dapat menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, serta kerasnya persaingan global di abad 21 ini.
Dengan keterbatasan sarana pendidikan formal seperti sekolah, maka peranan pendidikan yang dikelola lembaga pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat menjadi semakin penting eksistensinya, guna membantu masyarakat dalam mengejar ketertinggalan pendidikannya.
Dari uraian diatas sangat relevan dengan keberadaan dan keterpurukan bangsa Indonesia saat ini yang sedang dilanda musibah krisis multidimensi, mulai dari krisis ekonomi hingga krisis moral yang semakin menjalar pada sendi-sendi kehidupan. Masyarakat objek wisata Cipanas Garut khususnya, dan umumnya masyarakat kabupaten Garut adalah merupakan bagian yang terurai di atas.
Berdasarkan panggilan jiwa semua pengurus dan pihak terkait dalam yayasan AT-TAMAM, kami ingin ikut andil memecahkan permasalahan bangsa ini khususnya bagi masyarakat yang berada di objek wisata Cipanas Garut melalui jalur pendidikan, ekonomi, kesehatan dan penerangan.

B. LATARBELAKANG
Cipanas adalah suatu objek wisata air panas alami dari gunung Guntur Garut, terletak di lingkungan RW 06 Desa Rancabango, RW 01 langensari, dan RW 05-06 Desa Pananjung Kecamatan Tarogongkaler Garut.
Objek Wisata Cipanas sehari-harinya kerap dikunjungi para wisatawan dalam dan luar negeri, maka wajarlah Cipanas menjadi primadona DTW sekaligus merupakan asset pemerintahan Kabupaten Garut.
Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bila penduduk asli Cipanas yang mayoritas muslim itu kerap bersosialisasi dengan tamu-tamunya bahkan terlibat langsung dalam industri wisata.

Secara kasat mata, masyarakat Cipanas akan mudah terpengaruhi budaya, adat istiadat atau perilaku baik positif maupun negative dari para wisatawan. Dan, salahsatu penangkal dalam mengantisipasi pengaruh negative terhadap masyarakat, maka Yayasan AT-TAMAM berkiprah pada 4 (empat) jalur/aspek program krusial, yakni menyelenggarakan program pendidikan, sosial, kesehatan dan penerangan.

C. TUJUAN
Membentuk manusia / masyarakat seutuhnya melalui jalur pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah.

D. AKTA PENDIRIAN
Nama : Yayasan AT-TAMAM
Alamat : Objek wisata Cipanas RT.05/06 Desa Rancabango
Kecamatan Tarogongkaler Garut 44151 Telpon: 238917
E-Mail: attamam@yahoo.com
Notaris : Sri Handayani Mulyo, SH
Nomor: 03 Tgl 19 Desember 2000
NPWP : 02.024.630.2.425.000
Dewan Pendiri : 1. KH.A. Saefuttamam M., BA 5. Akhmad
2. Drs. Imam Tamamu Taufiq 6. Yudiawan Tamamudin
3. Iwan Tamamu Ridwan 7. Husennudin
4. Karna Priatna
Bidang Garapan : 1. Pendidikan 3. Kesehatan
2. Sosial 4. Penerangan

E. BADAN PENGURUS
Ketua : KH.A. Saefuttamam M., BA
Sekretaris : Drs. Imam T. Taufiq
Bendaharawan : Iwan Tamamu Ridwan
Anggota : 1. Karna Priatna 3. Akhmad
2. Husennudin 4. Yudiawan Tamamudin

F. PROGRAM KERJA
1. Bidang Pendidikan
 Keaksaraan Fungsional (KF) dan PKBM
 Kelompok Pemberdayaan Pemuda Mandiri (KPPM) atau KUPP
 Taman Kanak-kanak
 Taman Pendidikan Al-Quran dan Al-Hadits
 Madr.Ibtidaiyah / Sekolah Dasar Islam Terpadu
 Madr. Tsanawiyah / SLTP
 Madr. Aliyah / SMA
 Pondok Pesantren
 Majlis Ta’lim

2. Bidang Sosial
Kelompok Belajar Usaha(KBU)
Panti Penitipan Anak (PPA)
Kelompok Belajar Usaha (KBU)
Panti Asuhan Yatim Piatu
Dana Sosial Usaha dan Pendidikan/ Bea siswa
Pengelolaan Zakat, Infaq, Shodaqoh, Jariyah, Wakaf

3. Kesehatan

Pos Yandu
Balai Pengobatan
Rumah Bersalin

4. Penerangan

Penerbitan Buletin Berkala “HARISMA” At-Tamam
Kelompencapir

5. Kesejahteraan Umat

Pengelolaan Koperasi Majlis Ta’lim At-Tamam

G. JALINAN KEMITRAAN

1. Pemerintah Kabupaten Garut (Dinas, Kantor, Badan terkait)
2. Pemerintah Propinsi dan Pusat
3. Departemen Agama Kab. Garut, KanWil.Prop Jabar, dan DEPAG Pusat
4. Pesantren, Institusi Keagamaan lainnya
5. LSM tingkatKecamatan, Kabupaten, Propinsi, Pusat
6. Lembaga/Organisasi Masyarakat yang relevan
7. Perorangan / Organisasi / Lembaga / Foundation luar negeri yang setujuan.

5 komentar:

  1. We'd like to say great gratitude to Mr. DR. H.Hudiana Hernawan for his outstanding dedication to all Gurus at STKIP Garut Pascasarjana TekPem Angkatan I(Satu) 2009. Jazakallohu khoirul-Jaza

    BalasHapus
  2. MENGENAL MULTIMEDIA.
    a. Multimedia adalah:
    1.Sebuah sistem yang melibatkan banyak media yang bekerja dibawah kendali komputer.
    Sebuah komputer multimedia perlu mendukung lebih dari satu jenis media yang berbasis antara lain : teks, gambar, video, animasi dan audio.
    2.Sebuah komputer multimedia dapat melakukan manipulasi pada data text dan gambar yang diubah menjadi data multimedia sehingga menjadi komputer yang berbasis
    multimedia
    2.Sebuah komputer multimedia perlu mendukung lebih dari satu jenis media yang berbasis antara lain : teks, gambar, video, animasi dan audio.
    3.Sebuah komputer multimedia dapat melakukan manipulasi pada data text dan gambar yang diubah menjadi data multimedia sehingga menjadi komputer yang berbasis
    multimedia
    4.Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
    5.Multimedia secara umum terdiri dari kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCornick, 1996)
    6.Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data baik media audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban, dkk,2002)
    7.Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001

    BalasHapus
  3. maju terus.....pantang mundur dalam rangka mencerdaskan anak bangsa,,,,,,,,

    BalasHapus
  4. thanks a lot of information given. thanks to the information we helped


    Umpan Lomba Ikan Mas Babon

    BalasHapus